Senin, 25 Juli 2016

7 Teknik Dasar yang Harus Anda Tahu tentang Bulutangkis


Bulutangkis pada dasarnya bisa dimainkan oleh siapa saja dan bisa dibilang sangat mudah. Namun meskipun demikian untuk menjadi pemain bulutangkis professional ada beberapa hal atau lebih tepatnya teknik khusus yang harus dipelajari dalam bermain bulutangkis.
Mempelajari teknik memukul raket cukup penting untuk bisa memenangkan pertandingan. Berikut adalah teori sederhana yang bisa dipelajari tentang berbagai macam teknik memukul raket untuk permainan bulutangkis.

Service



Pada dasarnya adalah pukulan bola yang mengawali pertandingan. Pukulan ini dilakukan dengan memegang cock tidak lebih tinggi daripada posisi pinggang. Ada tiga jenis pukulan service yaitu:

  1. Low Service: pukulan pendek dan pelan dari belakang garis service dimana shuttlecock akan meluncur sedikit lebih tinggi daripada net
  2. Long Service: pukulan panjang yang melambungkan shuttlecock tinggi masuk ke garis lawan
  3. Drive service: pukulan yang cepat dan lurus tapi tidak terlalu tinggi. Teknik ini jarang dilakukan karena cukup sulit


Flick

Adalah pukulan raket yang dilakukan dengan gerakan seperti mencongkel dari arah bawah ke atas. Pada umumnya masyarakat lebih mengenalnya sebagai pukulan lob. Ada banyak kesempatan untuk melakukan flick, bisa jadi karena posisi bola sudah terlanjur terlalu rendah atau mengembalikan bola di dekat net dan lain sebagainya. Resiko ketika melakukan flick adalah bola melambung tinggi dengan kecepatan yang masih bisa diterima lawan dan di sini lawan bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk melakukan pukulan serangan yang keras.

Clear


Ini adalah pukulan yang wajib dikuasai oleh pebulutangkis professional. Pukulan ini dilakukan dari belakang garis lapangan di kubu kita untuk melambungkan bola menuju garis belakang kubu lawan. Teknik ini dikenal masyarakat dengan sebutan pukulan lob. Para pemula biasanya gagal melambungkan bola sampai ke garis belakang kubu lawan karena bola biasanya akan turun di garis tengah sehingga justru bisa dimanfaatkan lawan untuk melancarkan pukulan serangan. Inilah mengapa teknik clear harus dikuasai dengan baik.

Drive

Pukulan ini dilakukan dengan kecepatan sedang pada ketinggian kurang lebih sejajar dengan ketinggian kepala. Biasanya menghasilkan posisi bola yang meluncur lurus.

Push

Seperti artinya push yaitu mendorong pukulan ini tidak dilakukan dengan keras. Sedikit mirip dengan drive namun tidak selalu menghasilkan luncuran bola yang lurus. Teknik ini bisa dilakukan untuk menghalau maupun menyerang.

Smash

Merupakan teknik pukulan serangan yang kuat, tajam dan cepat sehingga menghasilkan bola yang menukik tajam. Teknik ini bisa dilakukan dalam posisi berdiri tetapi banyak juga yang melakukan dalam posisi melompat sehingga bola meluncur lebih kuat, tajam dan cepat. Teknik ini terbilang sulit karena membutuhkan kelenturan badan,tenaga, kecepatan dan akurasi.

Net Kill


Pada dasarnya adalah pukulan yang dilakukan dekat dengan net. Bisa dilakukan sebagai bentuk penyerangan ataupun pengembalian bola. Perlu latihan dan keahlian untuk net kill karena banyak pemain professional sekalipun yang gagal sehingga bola menabrak net dan gagal masuk ke kubu lawan.

sumber 

http://www.gilasport.com/gila-raket/7-teknik-dasar-yang-harus-anda-tahu-tentang-bulutangkis/
About UBT ITB

UBT ITB adalah suatu unit kegiatan mahasiswa ITB yang mewadahi minat dan bakat mahasiswanya dalam bidang bulu tangkis.

You Might Also Like

0 komentar :

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.