Minggu, 05 Juni 2016

Total BWF World Championships 2015 | Ahsan Pecahkan Rekor?

Kejuaraan BWF World Championship 2015 di Jakarta tahun lalu ternyata mencatatkan sejarah baru bagi dunia bulu tangkis dunia, yakni rekor smash tercepat dunia dipecahkan Mohammad Ahsan.
Pemecahan rekor tersebut terjadi pada saat pertandingan yang berlangsung di Jakarta, Agustus silam memasuki babak delapan besar.
Kala itu pemain ganda yang berpasangan dengan Hendra Setiawan ini menghadapi pasangan dari Inggris, Marcus Ellis/Chris Langridge di Jakarta.
Sementara, pemecahan rekor terjadi saat pertandingan memasuki babak kedua, dengan skor imbang 20-20.
Berdasarkan alat pengukur kecepatan, atau speed gun yang terpasang dalam pertandingan tersebut, smash dari pria asal Palembang ini mencapai 372 km/jam.
Angka itu merupakan rekor baru di dunia, sebab rekor smash tercepat yang sebelumnya dipegang pebulutangkis ganda putra asal Tiongkok, Fu Haifeng dengan kecepatan resmi 332km/jam.
Meski demikian, belum keterangan resmi dari BWF atau Federasi Badminton dunia terkait kecepatan smash dan rekor yang sukses dipecahkan pebulutangkis asal klub PB Djarum Kudus ini.
Dengan demikian, rekor yang dibukukan Fu Haifeng sejak Piala Sudirman 2005 lalu itu belum tercoret.
Satu-satunya fakta sejarah yang terjadi dalam pertandingan tersebut adalah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan memenuhi ekspektasi masyarakat Indonesia dengan menjuarai ajang tersebut. Di final, Ahsan dan Hendra mengalahkan pasangan pasangan Tiongkok, Liu Xiaolong/Qiu Zihan dengan skor 21-17, 21-14.
Hal seperti Ahsan ini juga pernah dialami pebulutangkis asal negeri Jiran Malaysia, Tan Boon Heong yang kecepatan smashnya bisa mencapai kecepatan 421 km/jam, dan masuk catatan Guinness Book of World Record.
Meski tercatat di rekor dunia, BWF juga tidak mencatatkannya karena rekor itu tercipta bukan dalam pertandingan resmi.
Ya saya tidak menyangka kalau kecepatan smash saya bisa sekencang itu. Tapi kalau memang benar dan resmi, Alhamdulillah,” ungkap Mohammad Ahsan atas responnya mengenai hal ini.
Terlepas dari resmi tidaknya gelar smash terkencang, Ahsan tetaplah jagoan kita, bukan?
Source: Kompas
About UBT ITB

UBT ITB adalah suatu unit kegiatan mahasiswa ITB yang mewadahi minat dan bakat mahasiswanya dalam bidang bulu tangkis.

You Might Also Like

0 komentar :

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.